Gap Year?


(Gap Year : Jeda beberapa bulan atau biasanya selang setahun setelah lulus SMA ; Dalam bahasa yang menyakitkan : Nganggur)

Seperti yang kita tahu pada umumnya, setelah lulus SMA biasanya akan berencana melanjutkan ke perguruan tinggi. Tapi, tentu tidak setiap orang yang sudah lulus SMA dan berencana melanjutkan ke perguruan tinggi bisa langsung begitu saja berlenggak lenggok layaknya bak model di panggung besar menuju kampus yang ia inginkan. Semua butuh perjuangan, sudah berjuang mati-matian pun belum tentu mendapatkan perguruan tinggi. Hingga akhirnya hasil ujian terakhir untuk mendapatkan perguruan tinggi pun tiba, tapi masih belum juga mendapatkan kampus yang diinginkan. Di saat itu pun seseorang tersebut sudah dipastikan tidak kuliah dan akhirnya mengambil keputusan untuk Gap Year (atau kerja bagi yang mau kerja). Lalu ia akan merasa gagal, bingung, putus asa, minder dan malu karena tidak tahu apa yang harus ia lakukan setelah menerima kenyataan bahwa ia tidak bisa kuliah setelah lulus SMA.





Oke. Itu semua yang diatas adalah GUE hahahahaha



Btw intro dulu nih,

Widihhhh setelah sekian lama gue ga nge Blog dan akhirnya gue nge Blog juga nih guys.

Di umur gue yang ke 19 tahun ini (tahun 2017 ini 20 hehe) gatau kenapa ada rasa rasa pengen nge blog aja gitu hahahaha. Ya mungkin karna hari ini gue habis dari Jkt, nyampe ke rumah ternyata ini malam minggu dan gue gaada kerjaan hehehe. Oke lanjut aja nih gue ceritanya. Dibaca eaa..

Tik

Tik

Tik

Tok



Saat itu adalah hari dimana pengumuman Ujian Mandiri PTN yang paling terakhir. Penentuan gue bakalan lanjut kuliah ke PTN setelah lulus SMA atau ga kuliah. Jujur saat gue tau gue ga lulus, rasanya gue udah kebal (karena snm,sbm dan um yang gue ikutin hasilnya nihil) hahahahaha. Dan merasa santai juga karena gue berharap lanjut ke sekolah kedinasan. Kecewa sih pasti, karena keluarga pengennya gue lanjut kuliah di kampus. Sedangkan gue ngarep banget di kedinasan. It’s ok lanjutin.

Soooooooo, fix PTN : NIHIL. Harapan gue tinggal di kedinasan, tahun lalu gue itu nyobain AIM(Akademi Imigrasi). Tahap demi tahap gue jalanin dan Puji Tuhan berjalan dengan lancar dan memuaskan. Di tes kedinasan ini, jujur aja semangat gue untuk perjuangin AIM ini beda banget dengan gue perjuangin PTN dan perjuangin hubungan dengan doi (eh yaampun bercanda :* wkwkwk). Gue lebih semangat latihan buat kedinasan dibanding belajar buat PTN (tapi ya tetep gue belajar serius dan rajin), Cuma ya beda aja gitu semangatnya. Anddddddddd gue jalani tes AIM dari masa tahap awal dianterin mama papa sampai tahap dianterin sekeluarga. Hingga akhirnya hari yang membuat gue shock pun tiba. Gue ga lulus di tahap 2 dari akhir klo gasalah (kesehatan). Buka pengumuman di iPad, gaada nama gue, scroll atas scroll bawah ampe bosen. Sempat gue berfikir “Oh mungkin besok ada lagi kali namanya” dan sempat mikir juga “Kayanya lupa nulis nama gue”. Besoknya gue coba buka lagi website AIM masih gaada juga nama gue. Dan gue pun terdiam, kaget, mencoba menerima kenyataan and then……. Nangis. Marah marah ke nyokap, ngeluh ke bokap, bingung mau ngapain, nangis senangis nangisnya, kepala pusing abis abisan, bingung gue ga sehat dimana (karna gue sempet ngintip penilaiannya dan bagus bagus aja), ah pokonya bingung gue deskripsiinnya gimana perasaan gue saat itu. Mungkin lo harus ngikutin kayak gue dulu biar ngerti (engga deng jangan yah ehehe). Nyokap juga saat itu nangis ngeliat gue, gue pribadi juga ada merasa bersalah. Tapi ya mau gimana lagi semua udah terjadi dan penyesalan selalu di akhir.

Lalu, harapan tinggal PTS. Mau nyobain ke PTS di Medan tapi gue ragu karena mikirin akreditasi. PTS di Jakarta udah pada tutup, PTS di Cimahi juga tutup. Sisa tinggal surat undangan dari PTS di Batam, Lampung, dll(gue lupa). Dan gue mikir, udah nyoba di akhir-akhir bakalan susah masuknya dan mahal banget mungkin biayanya. Finally, bokap gue saranin untuk Gap Year. Berunding di rumah sama mama papa mau lanjut kuliah pakai surat yang di undangan atau gap year. Tapi akhirnya milih Gap Year.



OKE MASUK KE MASA “FIX GUE GAP YEAR “. . . .

Keluarga besar nanyain, teman-teman nanyain, mantan nanyain, gebetan nanyain, kaka kelas nanyain, adik kelas nanyain, guru nanyain, orang orang kantin sekolah nanyain, tetangga nanyain, kerabat orang tua nanyain, semua orang nanyain TERE KULIAH DIMANA.

Gue terdiam, jawab pakai senyuman. Nyokap/Bokap yang jawab kalau ada nyokap/bokap disamping gua. Yang nanya via chat, kadang gue langsung hapus kadang gue jawab “nganggur/gua ga kuliah/ngulang setaun”. Kadang gue iseng, “di Yale University, Desember gue berangkat.” Dan malah ada adik kelas dan teman gua yang percaya hahahahaha. Tapi lama lama telinga gue kebal juga dan gue selalu berpikir “2016 bukan rezeki gua”.

Next, Terbiasa dengan pertanyaan…. Gue teruji dengan ‘orang orang meremehkan gue” (disini gue bingung mau gue capslock bagian “Meremehkan”nya apa ngga wkwkwk). Ini hal yang paling gue sangat benci. Gue merasa ga dihargai, diremehkan, diabaikan, pendapat gue ga diperlukan lagi, pokonya kayak dianggap ga ada. Tapi, disaat itu gue jadi tau siapa aja orang yang ternyata ada di saat gue senang dan sedih. Disaat gue naik daun dan turun daun(ya lo ngerti maksud gue(mungkin)) Siapa yang cuma numpang temenan karna pengen happy aja dan emang pengen temenan dengan tulus. Siapa yang cuma pengen enaknya aja, tapi gamau dapet susah. Siapa yang penjilat dan ga penjilat. Siapa yang manis di depan muka, busuk di belakang gue. Dan masih banyak lagi yang lain. Dan gue masih merasakan sampai detik ini juga hahahaaha. Gue pribadi sempat sedih, kesal, kecewa, sempat mikir juga “nyesel gue pernah ada pas elo blablabla”. Tapi Puji Tuhan pikiran bocah gue itu cuma sementara. Setidaknya dari pengalaman gue ini, gue jadi bisa mengerti kalau berteman itu perlu pilih-pilih, bodo amat dengan “Kalau berteman ga boleh pilih-pilih”. Ya benar sih, maksud gue berteman baiknya milih milih gituuuuu.. bukan berarti gue gamau temenan apa gimana. Ga cuman temen, orang orang selain temen juga sama aja sikapnya sampe bikin gua muak dan mengambil sikap untuk “Mulai sekarang gue bodo amat sama lo” saking emosinya.

Seiring berjalannya waktu yang harus gue syukuri di setiap harinya, gue belajar dan belajar. Cari motivasi. Cari inspirasi. Cari pacar, ngga deng bercanda hehehe, Cari semangat. Sebenarnya untuk semangat ini gue udah ada penyemangat dari keluarga, orang-orang terdekat dan teman-teman yang very very aku cintai, jadi kayanya ngga deh untuk cari semangat hehehe..

Ngedengerin nasehat dan meng-Aminkan doa-doa yang dikasih dari keluarga dan teman-teman juga. Pokonya setahun Gap Year ini banyak banget pelajaran yang gue ambil. Selain pelajaran ilmu pengetahuan, Pelajaran hidup yang sangat buanyak gue rasain juga setahun ini. Merasakan Gap Year juga membuat gue lebih mendekatkan diri dengan Tuhan. Ngerasain Gap Year juga membuat pola pikir gue jadi lebih dewasa, baik dari kelakuan dan perkataan (ya walaupun kadang masih kayak bocah) hahaahaha ya namanya juga proses-,-

Banyak yang bilang kalau Gap Year itu sayang umur. Menurut gue itu ngga sama sekali. Dipikiran gue, gue Gap Year ini semua udah rencana Tuhan dan gue malah bersyukur ini terjadi karena masih ada sesuatu yang belum siap gue tinggalin kalau gue kuliah. Gue rasa usia bukan jadi masalah, tinggal gimana kitanya yang memproses hidup kita mau kayak gimana. Ya mungkin aja ada orang baru kuliah di umur 22 tahun dan ternyata dia bisa lulus S1 di usia 24 tahun. Kenapa ngga? Bagi Tuhan tidak ada yang mustahil ya kan hehehe.

Ya kalau disimpulkan sih, ga ada penyesalan gue gap year. Gue rasa tiap orang udah ada porsinya masing-masing untuk merasakan rezeki dari Tuhan. Ada aja mereka yang udah kuliah duluan, eh taunya 2 tahun kemudian diskors entah mungkin karna ada masalah. Atau mungkin ada juga orang ga kuliah, langsung kerja dan ternyata gaji yang dia terima udah lebih dari cukup.

Gap year juga memperingatkan gue untuk “Kalau gue udah dapet kampus di tahun 2017, gue gaboleh ngeluh ngejalanin aktivitas gue nanti karena gue udah ngerasain gimana rasanya nganggur setahun dan selalu berharap penuh sama Tuhan untuk dijodohkan dengan kampus yang Tuhan kehendaki.”

Gap Year.  Setelah gue pikir-pikir panjang dan mengingat-ingat apa yang gue rasain hampir setahun ini, ternyata rasa malu,minder,dll itu hanya terjadi di awal. Untuk seterusnya, asalkan bisa terima kenyataan, sudah mengatur tujuan ke depannya mau gimana, sabar, konsisten, percaya sama rencana Tuhan, pasti bisa dijalanin. Gue sharing ini bukan buat nganjurin lo untuk Gap Year, biar lo senasib sama gue? Ga. Malah jangan sampe lo Gap Year kalau emang lo bisa kejar semua yang lo inginkan dengan tepat waktu. Tapi gue sharing buat ngasih tau kalau ada dari lo yang rencana buat Gap Year,  bukalah pikiran lo. Coba lah untuk jauhin pikiran-pikiran negative kalau lo Gap Year berarti lo bego. Di Indonesia ini banyak yang otaknya jenius tapi lebih memilih untuk Gap Year karena merasa belum maksimal dengan apa yang pengen dia kejar (misal pas gue masih kls 12 intensif di Bdg, banyak kaka kelas gue yg pinter beud tapi lebih milih untuk gap year demi menggapai cita citanya). So, kalau lo gap year wajar lo merasakan apa yg gue rasain di awal. Tapi jangan larut dalam kesedihan ya, itu malah bikin lo jadi terlihat stupid. Semangat! :)

Komentar

  1. Halo Kak, aku mantan ade kelas. :)
    Aku tahun ini jg gap year.

    BalasHapus
  2. Hai Priskiller, salam kenal ya :)
    Semangat untuk ujian perguruan tingginya, semoga lulus ke tempat yang kamu inginkan.
    Study & Pray

    BalasHapus
  3. Nice artikel...salam kenal :-) btw,aku juga gap year..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Rani, makasih ya udah baca:) Salam kenal yah, Sukses!^^

      Hapus
  4. Salam kenal kak :-) aku juga Gap year tahun ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo Fadli :) Salam kenal juga ya :) Semangat! Jangan putus asa:)

      Hapus
  5. Hai Kak.. Aku juga tahun Ini kayak nya gap year. Karna aku ngga ketrima di kampus ..... Pasti aku bakal rasakan kayak kakak. Keep fighting:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Dwi.. Salam kenal ya :) Semangat yah mengejar cita-ctanya! Semoga LULUS di jurusan dan universitas yang diinginkan. Jangan lupa Berdoa dan Belajar! :)

      Hapus
  6. Hai salam kenal, aku udah gao year setahun, tapi belum lulus juga huhu. Tapi gak apa, aku bakal coba lagi tahun depan hhe, semangat buat semua yang nggak patah semangat dan berani memutuskan untuk berdiri sendiri. Aku ngerasain sih, temen-temn berubah, banyak juga nanyain kuliah dimana, tapi kalau dipikir pikir semuanya hanya riak, kita tetap bisa berjalan bahkan berlari diatasnya. Mungkin kesalahan Gap year pertamaku itu karena aku nggak gabung saam teman teman sesama Gap year, selain itu komitmen untuk berhasil yang kurang, terus kurang fokus. Semoga tahun depan Tuhan mengizinkan aku buat lulus di ptn yang aku impikan. Salam kenal semuanya. ����. Kalau ada yang mau buat grup Gap year kabarin aku juga dong hhe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo aku sama kyk kamu ..kalo mau bikin grup line, id line kamu apa? Butuh temen sesama gap 2 tahun :(

      Hapus
    2. ane pikir ane doang yang gap year 2 tahun :/ di add dong linenya @ditoihkam

      Hapus
    3. kalo ada group join dong, please:")

      Hapus
    4. Hai salam kenal jg, btw gue juga gap year 2 tahun nih :")

      Hapus
    5. Aku juga ikutan dong.. :/

      Hapus
    6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    7. Aku juga mau ikut dong :(( mau ikut lagi tahun depan...

      Hapus
    8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    9. Halo, teman" semuanya! Salam kenal ya, senang bisa sharing.. Ga nyangka masih ada yang baca blog gua, semoga postingan gua memotivasi kalian. Semangat terus ya, pasti ada jalan biar bisa lulus. Study and Pray :) Gb

      Hapus
    10. Aku jg nih mau nyoba lagi, gak sesuai sama impianku yg sekarang

      Hapus
  7. <<< Gap year gegara ditolak ptn tahun ini :") diriku sang pengangguran tahun ini mengambil kesimpulan " Tahun depan dah dapat ptn ngak boleh ngeluh " Tq

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat ya! Jangan putus asa. Semoga tahun depan lulus, Amin!!

      Hapus
  8. Kak sama banget kayak gue ceritanya ,tapi aku 2 tahun gan year demi kedinasan.gur sih masuk di PTN kak tapi ga sesuai sama PTN yg gue harapan masuknya malah saya berani gan year demi kedinasan ,doain ya kak 😇😇😇😇

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hasil dari GAP YEAR